Manfaat Imunoterapi

Manfaat Imunoterapi

Manfaat Imunoterapi ini yaitu meningkatkan atau mengembalikan kemampuan sistem imun (sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit) dalam mendeteksi sel kanker sampai-sampai bisa mengatasi kemampuan yang dimiliki sel tersebut untuk mengurangi dan menghindari respon imun.

 

Imunoterapi Lawan Alergi

Pengobatan ini pada dasarnya menghadirkan alergen ke dalam tubuh secara terus menerus hingga tubuh mengurangi reaksinya yang berlebihan.

Jenis penyembuhan imunoterapi ini dilakukan di bawah pengawasan dokter sehingga sistem imun mampu mempelajari cara bereaksi secara normal dan tidak berlebihan. Penderita alergi tergolong orang dengan alergi sementara, alergi permanen, dan alergi sengatan hewan. Beberapa pasien yang alergi terhadap racun serangga (seperti sengatan lebah) mungkin membutuhkan imunoterapi untuk meminimalisir risiko reaksi yang serius, yang bersifat mematikan.

Manfaat Imunoterapi

Imunoterapi Lawan Kanker

Terdapat berbagai jenis imunoterapi yang dilakukan untuk meningkatkan sistem imun melawan sel kanker yaitu:

 

  1. Terapi Sel T Adopsi (Adoptive T-Cell Therapy). Jenis terapi ini memanfaatkanketerampilan antitumor sel T untuk menghancurkan sel tumor primer dan kanker. Metode kesatu, limfosit diisolasi dari darah penderita atau jaringan tumor (jaringan kanker), diperbanyak diluar tubuh, kemudian dimasukkan lagi ke tubuh penderita.

 

  1. Immune Checkpoint Blockade. Sebelumnya telah diketahui bahwa sel kanker memiliki kemampuan untuk menghambat dan meredam fungsi sel T sehingga melemahkan respon imun terhadap sel kanker. Melalui terapi ini makaketerampilan sel kanker untuk menghambat aktivasi respon imun akan dihambatsampai-sampai sel T (sistem imun) dapat menjalankan kegunaannya guna menghancurkan sel kanker.

 

  1. Terapi Sitokin. Sitokin merupakanmolekul protein yang dikeluarkan oleh sel atas respon terhadap antigen dan berfungsi sebagai pembawa pesan. Pada imunoterapi, sitokin digunakan untuk meningkatkan respon imun antitumor.

 

  1. Vaksin Kanker. Jenis terapi ini bertujuan untuk meningkatkan penyajian antigenberhubungan tumor (Tumor-Associated Antigen atau TAA) ke sistem imun dan meningkatkan pekerjaan sel T spesifik tumor dan sel B, yaitu sel yang bisa mengeliminasi tumor (sel kanker) dan memproduksi antibodi.

Itulah 2 manfaat imunoterapi yang sekarang sudah mulai diterapkan di dunia medis.

 

 

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *